Halaman

Senin, 21 Mei 2012

Maksimalkan Google Sitelink Anda

Mengapa memiliki sitelink dianggap penting ? Algoritma google hanya memilih situs web/blog yang dianggap mapan serta memiliki sumber informasi terpercaya dan diverifikasi saja untuk mendapatkan sitelink. Asumsi  adilnya adalah jika website atau blog anda telah mendapatkan sitelink berarti  website/blog anda terpercaya di mata Google. Google hanya akan menampilkan sitelinks di hasil pencarian apabila Google menemukannya sebagai navigasi yg bermanfaat bagi user. Jika struktur suatu situs tidak sesuai dengan algoritma Google dalam proses pencarian/crawl sitelinks website yg sesuai kriteria, dan atau jika Google tidak melihat adanya relevansi di dalam sitelinks dengan hasil pencarian, maka Google tidak akan menampilkannya. Dengan kata lain, semua website sebenarnya memiliki sitelinks, karena tentunya masing-masing memiliki navigasi di dalamnya, akan tetapi, jika sitelinks tersebut, dalam kata lain, susah untuk ditemukan, digenerasikan, serta tidak ada nilai penting di mata Google, maka sitelinks tersebut tidak akan dimunculkan di hasil pencarian. Berikut pernyataan mbah Google yang menegaskan mengenai sitelink :



Google Sitelink adalah link-link tautan dinamis dari sebuah situs web atau blog dimana sitelink tersebut juga merupakan navigasi didalam website/blog sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukannya tanpa harus masuk lebih dulu ke halaman homepage. Tidak mudah untuk mendapatkan sitelink dan tidak semua blog mendapatkan sitelink dari Google, karena hanya blog atau website tertentu yang menduduki peringkat pertama halaman 1 Google untuk sebuah pencarian kata kunci saja yang biasanya mendapatkan sitelink. Struktur dari google sitelink biasanya ditunjukkan dengan hasil pencarian kata kunci (search result) yang sudah pasti berada di posisi pertama, kemudian dibawahnya terdapat barisan link yang menjorok kedalam ( 2 kolom dan 3 baris ). Nah link-link tautan itulah yang disebut dengan sitelink. Untuk lebih memahami tentang struktur Google Sitelink ini

Bagaimana cara mendapatkan Sitelink ?

1.   Memperkuat kata kunci (keyword)
Umumnya sebuah situs web/blog mendapatkan sitelink berdasarkan kata kunci yang menurut Google merupakan identitas unik yang melekat dari sebuah blog. Kata kunci tersebut bisa saja title/judul dari blog, dan bisa juga dari URL blog atau deskripsi blog anda. Jadi tinggal pilih kata kunci dibagian mana yang ingin anda perkuat dan anda populerkan untuk menjadi ciri khas (brand)  blog anda.

2.   Struktur menu navigasi yang baik
Gunakanlah menu navigasi yang terstruktur dengan baik serta dapat dibaca dengan baik pula oleh spider Google. Hindari penggunaan navigasi yang banyak mengandung javascript.

3.   Anchor teks pada link internal
Penting sekali bagi kita untuk membuat internal link antar artikel dengan menggunakan anchor teks serta penggunaan atribut Alt pada gambar/image. Dengan adanya internal link maka secara keseluruhan blog akan terindeks dengan baik oleh search engine serta memudahkan mbah Google dalam pencarian kata kunci.

4.   Konten yang bermanfaat
Pada kalimat pertama pernyataan mbah Google diatas sudah jelas dikatakan bahwa: We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user”. Artinya bahwa konten yang kita buat harus benar-benar berguna bagi orang lain serta berkualitas. Konten seperti ini biasanya akan mendapatkan posisi bagus di search engine dan mendatangkan trafik organik yang melimpah, sehingga membuka peluang blog kita untuk mendapatkan sitelink. Jadi tingkatkanlah kualitas konten blog anda, hindari membuat artikel copas secara utuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar